Proposal Usaha Bisnis “WARseh”

  1. Latar Belakang

Pada zaman modern seperti sekarang ini segala sesuatu di tuntut untuk serba cepat. Tak lain pula soal makanan. Dengan segala kesibukan setiap orang menginginkan makanan yang cepat dan siap saji. Sudah menjadi kebiasaan rutin mengkonumsi makanan tanpa memperhatikan kebutuhan asupan bagi tubuh. Padahal tubuh memerlukan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan susu. Mayoritas orang hanya memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein. Mineral sangat kurang, padahal banyak terkadung di sayur-sayuran.

Kesadaran orang untuk mengkonsumsi makanan sehat pun masih sedikit, karena keterbatasan warung makan yang berpedoman pada menu makanan sehat seperti sayuran organik jarang ditemui. Kehati-hatian konsumen dalam memilih makanan pun perlu ditingkatkan, karena saat ini sudah banyak sekali makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Oleh karena itu, dalam proposal ini akan mengembangkan usaha bisnis “WARseh” yang berorientasi pada menjual dan menyajikan sayuran organik. Mengapa organik? Karena sayuran organik diproduksi secara alami, pupuk yang diguanakan juga dari pupuk kandang atau kompos, tanpa insektisida sintetis, lebih segar dan tentunya lebih sehat.

  1. Manfaat Usaha
  2. Manfaat Ekonomi

Usaha WARseh ini cukup menjanjikan, karena kebutuhan manusia untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehatpun kian meningkat. Dan hal ini dapat menjadi suatu keuntungan untuk usaha ini kedepannya.

  1. Manfaat Sosial
  • Bagi Pemilik

Menjadi suatu kepuasan tersendiri bagi sang pemilik karena bisa membantu dan memudahkan oranglain untuk hidup lebih sehat, serta bermanfaat untuk orang sekitar dan lingkungan. Peluang usaha ini pun diharapkan dapat berkembang pesat ke Ibukota.

  • Bagi Masyarakat

Dengan adanya WARseh ini, masyarakat tidak perlu khawatir lagi kekurangan mineral. Karena disini menyediakan berbagai macam sayuran organik. Bukan hanya sayur organik mentah tetapi ada juga yang sudah di olah  yang siap untuk dikonsumsi.

Jika usaha ini berkembang cepat maka membutuhkan banyak tenaga kerja, dengan begitu dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat yang masih menganggur.

  1. Rumusan Masalah
  2. Bagaimana cara menarik minat masyarakat agar hidup lebih sehat dengan memperbanyak konsumsi sayuran?
  3. Apa tips & trik untuk mengubah pola makan yang tidak sehat?
  1. Produk

WARseh menyediakan berbagai macam sayur organik, seperti;

  • Bayam Hijau dan merah
  • Brokoli
  • Buncis
  • Jagung
  • Jamur Shimeji & Shitake
  • Kacang merah
  • Kangkung
  • Kentang
  • Kembang kol

Dengan banyaknya macam sayuran yang disediakan WARseh konsumen dapat memilih sayuran untuk menu hariannya setiap hari sesuai dengan selera dan tidak cepat bosan karena dapat diolah juga menjadi berbagai sayuran sehat untuk melengkapi mineral tubuh.

  1. Analisis S.W.O.T

Adapun analisis SWOT terhadap usaha ini adalah sebagai berikut;

Faktor Internal

  • Strength
  1. Sayuran organik mudah untuk dibubidayakan sehingga tidak takut kehabisan bahan
  2. Menyediakan berbagai macam sayuran, sehingga konsumen tidak cepat bosan
  • Pemasukan uang berganda, bisa dari pembelian sayuran siap olah maupun yang siap santap
  1. Kualitas sayur terjamin kebersihan dan kesehatannya
  • Weakness
  1. Sebagian pola pikir orang terutama anak-anak meganggap bahwa sayuran adalah makanan yang paling tidak enak
  2. Harga yang diatas harga sayuran non-organik membuat kalangan menengah kebawah tidak melirik WARseh ini
  • Sayur harus selalu fresh

Faktor Eksternal

  • Opportunities
  1. Tidak banyak orang yang membuka usaha seperti WARseh ini, sehingga tidak banyak saingan
  2. Melihat antusiasnya orang-orang untuk hidup yg lebih sehat dengan mengkonumsi makanan yang sehat pula
  • Beberapa dari penjual sayuran organik hanya menjual sayuran yang masih dalam keadaan mentah, tetapi di WARseh ini menyediakan sayuran organik yg sudah di olah
  1. Membantu orang yang sedang menjalankan program diet
  • Threats
  1. Kesadaran orang akan pentingnya makan sayur masih kurang sehingga dapat membawa pengaruh buruk bagi perkembangan usaha ini kedepannya
  2. Jika usaha ini berkembang pesat, maka akan memunculkan pesaing-pesaing baru
  1. Rencana Usaha
  • Jangka Pendek

Dapat dijadikan pengalaman dalam bidang wirausaha serta meningkatkan kreativitas dan juga untuk tambahan biaya kuliah.

  • Jangka Menengah

Usaha yang saya rintis sebagai batu loncatan agar menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha ini. Dan tak lupa pula segala promosi baik dari mulut ke mulut, iklan radio, media online, dan media yang lainnya.

  • Jangka Panjang

WARseh akan membuka cabang di kota-kota besar di Indonesia. Membudidayakan segala macam sayuran sendiri serta merambah dunia organik ini ke makanan pokok lainnya, bukan hanya sayuran.

  1. Analisis Pasar dan Pemasaran
  2. Target Pasar

WARseh ini ditargetkan untuk kaum urban yang tinggal di kota-kota besar. Yang berlokasi di tempat strategis antara gedung-gedung pencakar langit, agar para metropoleini bisa hidup sehat dengan makanan sehat.

  1. Pesaing

Karena di kota-kota besar jarang mengusung konsep seperti WARseh ini menjadikan daya saing tidak begitu menjadi sorotan, karena kebanyakan di daerah tempat usaha ini berdiri restoran cepat saji yang mendominan dengan konsep dan menu makan yang berbeda dengan WARseh.

  1. Sasaran Pembeli

Para manusia urban dan vegetarian yang haus akan kenikmatan sayuran organik.

  1. Strategi Pemasaran
  • Dari mulut ke mulut

Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk datang ke WARseh

  • Media Internet

Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog, dll. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha WARseh ini

  • Pengembangan Pasar

Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha WARseh ini ke kota-kota lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.

  • Pengembangan Produk

Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan macam sayuran yang mungkin tidak ada di pesaing lain, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar yang dimiliki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.

  1. Langkah-langkah Promosi
  2. Konsumen yang membeli sebanyak 1kg berkesempatan mendapatkan gratis 50gr, all variants
  3. Bagi orangtua yang membawa anaknya usia dibawah 10 tahun mendapat potongan 50%
  • Bisa memilih sayuran sendiri dan langsung dimasak saat itu juga, sehingga disajikan selagi hangat
  1. Analisis Operasional

Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:

  • Desain produk

Desain produk yang diusahakan ialah kami membuatnya dengan semenarik mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan tampilan sayuran yang itu-itu saja.

  • Tempat usaha

Tempat usaha yang dirintis ialah dipinggir jalan-jalan utama yang ramai dilalui orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha WARseh ini.

  • Pengawasan kualitas

Dalam mengontrol kualitas produk dari usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantita dari sayur-sayur yang ada. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak jual dan makan.

Analisis aspek SDM

Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait didalamnya. Adapun Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini¸yaitu:

Distributor
Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka dilakukan kerjasama dengan distributor-distributor lainnya, sehingga sayuran-sayuran ini mudah didapatkan. Distributor yang di maksud merupakan orang yang memasok barang-barang yang WARseh butuhkan seperti tempat budidaya organik

Tenaga Kerja

Dalam usaha bisnis ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun / telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.

Masyarakat Sekitar

Selain SDM dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karna kita juga harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat, apabila kita tidak mempunyai hubungan baik maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah sebagai wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.

  • Modal awal
Meja dan kursi 2.000.000
Lemari es 1.000.000
Kompor gas 700.000
Rice cooker 300.000
Dispenser dan galon 400.000
Wajan *3 180.000
Frypan 25.000
Saucepan 110.000
Panci 350.000
Pisau, sodet, dll 100.000
Sendok, garpu, dll 150.000
Total 5.315.000

Biaya Operasional per Bulan

Biaya Tetap

Penyusutan Lemari Es 1/60 X Rp.1000.000                = Rp. 17.000

Penyusutan Kompor Gas 1/36 X Rp. 1500.000           = Rp.  5.600

Penyusutan Meja dan Kursi  1/24 X Rp. 1000.000      = Rp. 41.700

Penyusutan Rice cooker 1/12 X Rp. 200.000               = Rp. 16.700

Penyusutan Dispenser dan Galon 1/42 X Rp. 220.000 = Rp.   9.200

Penyusutan Peralatan Masak 1/12 X Rp. 500.000     = Rp. 42.000

Penyusutan Peralatan Makan 1/12 X Rp. 200.000    = Rp. 17.000

Gaji Karyawan 2 orang X Rp. 1000.000                   = Rp.2.000.000

Total Biaya Tetap                                                      = Rp.2.149.200

  • Harga Produk
Type Price (IDR)
Basil Giga Organik/tray bening 250 gram 9.375
Bayem Hijau Giga Organik 250 gram 5.250
Bayem merah Giga Organik /plastik 250 gram 5.625
Beet Root Giga Organik/tray + wraping 1kg 22.000
Brokoli Giga Organik /wraping 1kg 33.000
Buncis Giga Organik/tray + wraping 250 gram 6.250
Cabe Hijau Besar Giga Organik/tray + wraping 250 gram 6.750
Cabe keriting merah Giga organic /tray + wraping 250 gram 5.625
Cabe Merah besar Giga organic /tray + wraping 250 gram 6.750
Cabe Rawit Hijau Giga organic /tray + wraping 150 gram 6.250
Cabe Rawit Merah Giga Organic/tray + wraping 150 gram 6.750
Caisim Giga Organic /plastik 250 gram 6.000
Daun bawang Giga Organic /wraping 250 gram 6.250
Daun Ginseng Giga organic/plastik 250 gram 6.000
Daun kemangi Giga Organic /plastik 200 gram 5.250
Daun Mint Giga Organik/plastik 250 gram 6.000
Daun Pucuk Labu Giga Organic/plastik 250 gram 5.625
Jagung Acar Giga Organik/tray + wraping 200 grm 5.688
Jagung Manis Giga organic/wraping 1 kg 24.688
Jamur Kuping Bionicfarm 100 gr 6.000
Jamur Kuping Bionicfarm Curah 1 kg 34.800
Jamur Shimeji Brown Bionicfarm 100 gr 4.800
Jamur Shimeji Grey Bionicfarm 100 gr 4.800
Jamur Shimeji Mix Bionicfarm 100 gr 6.000
Jamur Shimeji Pink Bionicfarm 50 gr 6.000
Jamur Shimeji White Bionicfarm 100 gr 4.800
Jamur Shimeji Yellow Bionicfarm 50 gr 6.000
Jamur Shitake Baby Bionicfarm 100 gr 9.600
Jamur Shitake Bionicfarm 100 gr 9.600
Jamur Shitake Bionicfarm Curah 1 kg 74.400
Kacang merah Giga Organik/tray + wraping 100 gram 7.250
Kacang panjang Giga Organik/wraping 250 gram 6.000
Kailan Giga Organik/plastik 250 gram 5.750
Kangkung Giga Organik /plastik 250 gram 5.625
Type Price (IDR)
Kembang kol Giga Organik/wraping 1 kg 30.625
Kentang Giga Organik/jaring 1 kg 24.000
Kol Putih Giga Organik/ wraping 1 kg 17.750
Lobak Giga Organic/ wraping 1 kg 17.325
Mix Salad Giga Organic/Pack 150 gram 18.375
Oyong Giga Organic /wraping 1kg 22.000
Pakcoy Giga Organic / plastik 250 gram 6.000
Pare Giga Organik /wraping 1 kg 19.500
Parsley Giga Organic /plastik 250 gram 6.250
Pokpohan Giga Organic/plastik 250 gram 5.625
Rosmery Giga Organic/ tray bening 25 gram 10.313
Sage Giga Organic/ tray bening 25 gram 10.313
Sawi putih Giga Organic/wraping 1kg 23.100
Selada air Giga Organic/plastik 250 gram 5.750
Selada keriting Giga Organic /plastik 250 gram 6.188
Selada merah Giga Organic/plastik 250 gram 7.750
Selada siomak Giga Organic/plastik 250 gram 6.000
Teh Rosella Pack 20 gr 9.600
Terong Ungu Giga Organic / wraping 1 kg 20.625
Thyme Giga Organic/tray bening 25 gram 10.313
Timun Lokal Giga Organic / wraping 1 kg 18.000
Tomat Cherry Giga Organik tray + wraping 200gram 7.188
Tomat Giga Organic/ tray + wraping 1 kg 22.000
Type Price (IDR)
Ubi Manis Giga Organik / jaring 1 kg 24.750
Wortel Giga organik /plastik 500 gram 9.750
Zukini Giga organik/ wraping 1 kg 30.000


 

Penutup

Demikianlah proposal bisnis ini saya buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa pula mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis ini.

Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal saya dalam memulai usaha. Dengan selesainya proposal bisnis ini, saya berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah saya rencanakan.

Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi saya untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

NB: WARseh ini akan menjadi suatu peluang usaha yang besar nantinya, ketika orang-orang sudah sangat sadar akan pentingnya kesehatan dengan mengkonsumsi sayuran dan makanan sehat (organik). Jika saat ini kita lebih dulu mengembangkan usaha ini memungkinkan pesaing belum terlalu merajalela sehingga WARseh bisa selangkah lebih maju.

Sumber:

http://www.harganya.com/fresh/daftar-harga-produk-pertanian-organik-beras-sayuran-organik-bibit-organik-lainnya-lengkap-dan-updated-harganya.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s