Tugas Jurnalistik 4 – Investigasi – Kerupuk berPlastik

Kerupuk menjadi salah satu teman makan favorit dalam sebagian orang. teksturnya yang renyah dan gurih membuat beberapa orang enggan makan jika tidak ada “si kerupuk” ini. selain itu kerupuk jugamembuat cita rasa makanan menjadi lebih nikmat. dibalik itu semua ternyata kerupuk di pasaran mengandung zat-zat berbahaya, baik dalam campuran atau pengolahannya mauun dalam menggorengnya.

Dalam investigasi yang saya temukan disekitar rumah ini, ada beberapa warung yang menjual kerupuk berbahaya yaitu kerupuk berplastik. cara untuk menguji dalam investigasi ini adalah membeli beberapa sample kerupuk di beberapa warung yang berbeda, lalu membakar tiap kerupuk satu persatu dengan durasi yang sama. setelah itu perhatikan kerupuk mana yang lebih cepat terbakar. jika kerupuk itu mudah terbakar dan cepat menyebar maka kerupuk tersebut mengandung plastik.

kerupuk berplastik ini tentunya sangat berbahaya bagi tubuh jika di konsumsi terus menerus. mungkin saat ini efeknya belum terasa. tapi, akan terasa dalam kurun waktu 5-10 tahun kedepan. Plastik disini dicampurkan bukan dalam pengolahannya tetapi pada saat menggoreng, agar kerupuk lebih awet dan garing. plastik tersebut dicampur dalam minyak panas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s