Rencana Usaha Kripik Pisang Aneka Rasa

Ide untuk membuka usaha kripik pisang ini berawal dari kegemaran saya yang suka makan kripik pisang di waktu senggang dan kapanpun. Tetapi saat ini tidak banyak varian rasa kripik pisang yang dijual di pasaran. Oleh karena itu saya melihat peluang yang besar dalam bidang usaha ini. Karena dari faktor bahan baku pisang yang mudah didapat, peralatan, dan pemasaran pun tidak bergitu sulit bila kita mau bekerja keras. Banyak usaha-usaha rumahan yang menjalankan usaha ini, tetapi disini saya akan menambahkan varian rasa yang lebih banyak, tidak hanya original, manis, dan asin. Tetapi akan ada rasa coklat, seperti oleh-oleh khas lampung, masu, keju, dll. Dengan begitu insyaallah pecinta kripik pisang semakin banyak dan usaha yang akan saya jalankan semakin berkembang. Aamiin J

Karena pisang merupakan bahan utuma dalam pembuatan keripik pisang ini maka saya akan memilih kualitas dan mutu pisang yang baik. Dalam pembuatannya pun  mudah dan sederhana sehingga tidak mengurangi kualitas dan mutu produk. Selain itu juga saya akan melakukan pengemasan pada keripik pisang  yang sudah di produksi dengan kemasan yang sederhana tetapi tidak mengurangi nilai dan rasa dari keripik pisang ini. Keripik pisang dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat apalagi untuk kantong mahasiswa hehehe.

Dalam berwirausahatujuan yang paling utama ialah memperoleh keuntungan.

Proses pembuatan keripik pisang ini cukup mudah dan sederhana, dalam proses pembuatannya dibutuhkan alat – alat dan bahan – bahan. Setelah alat dan bahannya telah siap maka proses pembuatannya pun dapat dilakukan. Alat – alat dan bahan – bahan pembuatan keripik pisang ini sederhana dan mudah didapatkan, tak lupa juga proses pembuatan keripik pisang ini mudah dan sederhana sehingga hampir semua lapisan masyarakat dapat membuatnya.

Alat dan Bahan

Alat – alat yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini diantaranya adalah : Penggorengan (wajan) dan perlengkapan penggorengan lainnya digunakan untuk dalam proses penggorengan. Parutan pisang atau pisau digunakan untuk memotong pisang. Tungku, penggunaan tungku karena agar dalam proses penggorengan dapat menghasilkan panas api yang cukup, karena jika menggunakan kompor gas bukan hanya karena boros saja melainkan api yang dihasilkannya pun kurang.

Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini adalah :

Pisang, secara umum pisang yang sering digunakan dalam pembuatan keripik pisang ini yaitu pisang nangka, karena pisang nangka apabila digoreng pisangnya dapat kering disbanding dengan pisang – pisang lainnya. Minyak goreng, Garam.

Langkah – Langkah atau Proses Pengolahan

Langkah awal saya yaitu memilih pisang yang muda untuk dijadikan produk. Kemudian, garam dicampurkan menjadi ke dalam wajan atau loyang yang berisi air bersih, lalu diaduk sampai tercampur merata. Selanjutnya, pisang tersebut dikupas, diiris tipis – tipis dan dimasukkan ke dalam loyang yang berisi larutan tadi. Setelah itu, pisang diangkat dari larutan dan dimasukkan ke dalam penggorengan yang berisi minyak goreng, tetapi sebelum dimasukkan pastikan dulu minyak goreng telah panas. Selama di dalam penggorengan, pisang diaduk – aduk atau digerak – gerakkan agar semuanya merata. Apabila sudah kekuning – kuningan, pisang dapat diangkat dari penggorengan dan ditiriskan dalam beberapa menit. Tunggu hingga dingin, kemudian dikemas didalam kantong plastik dan keripik pisang pun siap untuk dijual / dipasarkan.

Itulah proses pembuatan keriping pisang, mudah dan sederhana, tidak memrlukan bahan atau alat yang rumit. Tetapi dapat menghasilkan kerepik pisang yang enak dan gurih. Karena disini saya ingin menjual dengan berbagai varian rasa ketika sudah matang keripik pisang tinggal ditambah dengan campuran rasa lainnya.

Kurang dan Lebihnya seperti itu lah perencanaa usaha saya semasa masih kuliah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s